Cara Membuat Akta Pendirian Perusahaan

Cara Membuat Akta Pendirian Perusahaan

Salah satu aspek penting dalam mendirikan perusahaan adalah Akta Pendirian atau sering dikenal dengan akta notaris. Akta pendirian perusahaan berguna sebagai legalitas anda menjalankan bisnis dan perusahaan anda.

Akta Pendirian Perusahaan adalah  dokumen yang dibuat dan disahkan oleh notaris sebagai bukti sah yang menyatakan adanya pembangunan badan usaha baru.  Dalam akta pendirian terdapat informasi antara lain nama perusahaan, nilai modal, nama pemilik, maksud dan tujuan kegiatan usaha hingga struktur organisasi perusahaan.

Pada dasarnya semua perusahaan sebaiknya memiliki dokumen penting ini, baik itu perusahaan dengan skala kecil maupun skala besar, terutama badan usaha yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT), Perusahaan Perorangan , Firma dan CV.

Membuat Akta Pendirian Perusahaan di Notaris

Lantas, bagaimana cara membuat akta pendirian perusahaan? di dalam praktiknya, akta pendirian perusahaan harus dibuat di kantor Notaris, yang menjadi pejabat berwenang untuk urusan yang satu ini. Hal ini sesuai dengan UU No. 30 Tahun 2004, dalam pasal 1 disebutkan bahwa Notaris adalah pejabat umum yang berwenang untuk membuat akta otentik dan kewenangan lain sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Jabatan Notaris.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Akta Notaris, Mudah dan Cepat

Untuk memudahkan pembuatan akta notaris perusahaan, banyak perusahaan jasa yang menawarkan layanan pembuatan akta notaris perusahaan, salah satunya adalah Founders. Mengingat sulitnya mengurus akta notaris perusahaan serta banyaknya persyaratan yang ditentukan, Founders menawarkan jasa untuk memudahkan anda mengurus akta notaris perusahaan.

Jika anda merasa kesulitan untuk mengurus perizinan maupun akta notaris perusahaan, maka tim Founders siap membantu anda untuk mengurus akta notaris perusahaan anda. Founders menyediakan paket untuk pendirian usaha serta pengurusan izin usaha anda.

Paket pertama, adalah paket basic dengan harga Rp. 1.000.000. dengan paket basic ini, anda sudah akan mendapatkan SK Kemenkumham, NIB Perusahaan serta NPWP Perusahaan. Selanjutnya ada paket Pro dengan biaya Rp. 1.500.000. dengan paket pro ini, anda akan mendapatkan Akta pendirian perusahaan, SK kemenkumham, NIB Perusahaan, NPWP Perusahaan serta mendapatkan rekening bank perusahaan. Paket terakhir yang ditawarkan oleh Founders adalah paket expert dengan harga Rp. 5.000.000. apabila anda mengambil paket Expert, anda akan memperoleh layanan penuh dan mendapatkan antara lain Akta pendirian perusahaan, SK Kemenkumham, NIB Perusahaan, NPWP Perusahaan, Rekening bank perusahaan dan juga akan dibuatkan satu website untuk perusahaan anda.

Bagi anda yang ingin melakukan pengurusan akta notaris perusahaan, hubungi Founders, dan kami akan membantu anda memulai perusahaan anda. Dengan harga yang kompetitif dan tim ahli, kami menjamin keberlangsungan perusahaan yang akan anda jalankan.

Baca Juga: Jasa Pendirian Yayasan Resmi dan Lengkap

Mengapa Akta Pendirian Perusahaan Penting?

Akta pendirian perusahaan merupakan hal penting bagi anda yang memiliki bisnis atau usaha dengan berbagai pertimbangan baik secara hukum maupun keuntungan ekonomi. Meskipun memiliki banyak keuntungan bagi pemilik usaha dan perusahaan, perusahaan baik yang berbadan hukum maupun tidak wajib memiliki akta pendirian perusahaan. Namun pada prakteknya, tidak semua pelaku usaha memiliki akta pendirian perusahaan, padahal dokumen ini sangat penting dan dibutuhkan ketika ingin mengurus usaha. Berikut ini beberapa fungsi dan manfaat memiliki akta pendirian perusahaan:

1.   Status Legal di Mata Hukum

Dengan memiliki akta pendirian perusahaan, maka status legal kedudukan perusahaan-mu akan berubah. Dengan begitu, ketika terjadi perselisihan selama menjalankan bisnis, akta pendirian inilah yang akan menjadi pegangan yang dapat menguntungkan perusahaan sekaligus memperjelas kedudukan-mu sebagai pelaku usaha.

2.   Dokumen Pendukung Pengurusan Perizinan

Dengan adanya akta pendirian perusahaan, kamu pun lebih mudah ketika ingin mengurus izin-izin lain seperti NIB, NPWP, dan perizinan lainnya. Tidak hanya itu, kamu juga lebih mudah ketika ingin mengurus perizinan ekspor dalam rangka pengembangan usaha ke luar negeri.

3.   Memberi Kejelasan Status Kepemilikan

Akta pendirian perusahaan juga membantu menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama kegiatan usaha berlangsung. Misalnya ketika terjadi pembelian atau penjualan saham, akta pendirian inilah yang akan membantu memberi kejelasan status kepemilikan yang sah.

Cara dan Syarat Membuat Akta Pendirian Perusahaan

Untuk mendaftarkan akta usaha, ada beberapa dokumen yang harus dilengkapi adalah:

  • Fotokopi KTP dari tidak kurang dari dua orang pemilik usaha
  • Fotokopi KK orang yang akan menjadi penanggung jawab
  • Pas foto penanggung jawab
  • Fotokopi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang paling baru
  • Fotokopi Surat Kontrak Perusahaan
  • Fotokopi Keterangan Domisili Perusahaan
  • Foto kantor dari perusahaan yang didaftarkan

Setelah memenuhi persyaratan tersebut, selanjutnya adalah:

  • Mengisi formulir sebagai draft akta perusahaan
  • Memvalidasi dan merevisi akta
  • Tanda tangan akta di depan notaris
  • Langkah yang terakhir adalah mendapatkan legalisasi akta dari Kementerian Hukum dan HAM

Untuk pembuatan akta perusahaan berbentuk badan hukum PT, maka syarat pembuatan akta pendirian PT adalah sebagai berikut:

  • Fotokopi KTP pemilik saham dan pengurus tidak kurang dari dua orang
  • Fotokopi KK direktur
  • Fotokopi NPWP direktur atau penanggung jawab perusahaan
  • Pas foto berwarna direktur
  • Fotokopi PBB yang terakhir
  • Apabila lokasi usaha berada di perkampungan, maka diperlukan Surat Keterangan dari RT dan RW
  • Foto kantor

Baca Juga: Pendirian PT PMA: Tata Cara dan Persyaratan

Sementara itu, untuk pendirian akta usaha dengan badan hukum CV, maka syarat-syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:

  • Fotokopi pendiri dari sekutu aktif dan pasif
  • Nama CV
  • Nama sekutu yang berkuasa
  • Pendaftaran akta ke Pengadilan Negeri
  • Berkas pembuatan Kas Pengeluaran dari beberapa mitra atas nama persekutuan

Apabila dokumen-dokumen sudah lengkap, selanjutnya adalah:

  • Mengajukan pengurusan akta pendirian CV
  • Mengurus Izin Usaha
  • Mengurus TDP/Tanda Daftar Perusahaan
  • Memberitakan peresmian CV

Demikianlah artikel mengenai cara membuat akta pendirian perusahaan, Bagi anda yang ingin melakukan pengurusan akta notaris perusahaan, hubungi Founders, dan kami akan membantu anda memulai perusahaan anda. Dengan harga yang kompetitif dan tim ahli, kami menjamin keberlangsungan perusahaan yang akan anda jalankan.

Share the Post:

Menu

Bisnis Besar Berasal Dari Bisnis Kecil