jasa pembuatan sertifikat security

Jasa Pembuatan Sertifikat Security

Salah satu profesi yang banyak peminat di Indonesia adalah sekuriti atau biasa disebut dengan satpam. Di Indonesia, saat ini telah berkembang pesat usaha jasa security yang jumlahnya hampir mencapai 1000 perusahaan. Rata rata jumlah security yang terdaftar pada data kami sekitar lebih dari 900 ribu security telah menjadi anggota keamanan berbadan usaha. Ini disebabkan makin berkembangnya industri di area perkotaan apalagi kini Indonesia telah menjadi negara maju nomer 3 dunia baik dari segi perekonomian dan kekuatan keamanan negara.

Kami selaku penyedia jasa security telah berpengalaman dan mengikuti perkembangan tersebut dari tahun ke tahun. Dampak pembangunan dan perkembangan sebuah negara secara otomatis diikuti oleh meningkatnya permintaan jasa security, terutama di daerah ibukota Jakarta. Seiring meningkatnya jumlah perkantoran, gedung bertingkat dan hotel, maka perlu adanya peningkatan jumlah personel keamanan yang dibekali dengan keterampilan khusus serta profesional. 

Dengan demikian, kebutuhan akan jasa security akan membantu mengurangi angka jumlah pengangguran terutama di kota kota besar. Banyak masyarakat kita yang terbantu karena beberapa faktor tidak bisa melanjutkan pendidikan sekolah hingga ke perguruan tinggi. Namun disini, para anggota security diberikan pendidikan dan pelatihan bahkan memiliki sertifikat kelulusan yang dapat dijadikan CV pada saat melamar pekerjaan. Tenaga kerja baru ini biasanya mencari pekerjaan melalui surat kabar dan secara online melalui website. 

Baca Juga: Jasa Pembuatan NIB Cepat dan Terpercaya

Untuk mendapatkan sertifikat security dengan mudah, kamu bisa memanfaatkkan layanan jasa pembuatan sertifikat security dari Founders loh, semua prosedur akan diurus oleh Founders, sehingga kamu tinggal terima jadi saja.

Apa Saja Persyaratan Menjadi Security?

Profesi satpam kini tak lagi dianggap sebelah mata, perannya sebagai garda terdepan dalam mencegah sesuatu yang tidak diinginkan kini selalu dibutuhkan dan dicari.  Satpam mempunyai peran yang penting sebagai tenaga keamanan untuk membantu peran fungsi kepolisian dalam mengantisipasi setiap pelanggaran dan tindakan kejahatan di tempat kerjanya. Tentunya setiap calon anggota satpam harus memenuhi beberapa persyaratan yang disesuaikan dengan jenjangnya, mulai dari gada pratama, gada madya dan gada utama. Berikut ini adalah persyaratan untuk masing-masing tingkatan: 

Persyarakat Kualifikasi Gada Pratama:

WNI

  • Lulus kesehatan dan kesamaptaan
  • Lulus Psikotes
  • Keterangan Bebas Narkoba
  • Menyertakan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)
  • Pendidikan minimal SLTA
  • Tinggi badan minimal 165 cm untuk pria, 160 cm untuk Wanita
  • Usia minimal 20 tahun, maksimal 30 tahun

Persyarakat Kualifikasi Gada Madya:

WNI

  • Lulus pelatihan Gada Pratama
  • Lulus tes kesehatan dan kesemaptaan
  • Keterangan Bebas Narkoba
  • Lulusan SLTA, memiliki pengalaman kerja minimal 3 tahun di bidang satuan pengamanan
  • Surat rekomendasi dari perusahaan tempat peserta bekerja

Persyaratan Kualifikasi Gada Utama:

  • Warga Negara Indonesia
  • Lulus pelatihan Gada Madya (bagi Satpam karir)
  • Skep Kepangkatan terakhir (bagi Purna TNI/POLRI)
  • Surat keterangan bebas Narkoba & surat Ket. Sehat
  • Foto copy SKCK aktif & terdapat Rumus Sidik Jari

Prasyarat Gada Utama:

  • Foto Copy KTP
  • Foto Copy SKCK atau Rumus Sidik Jari
  • Foto Copy Ijazah Terakhir (SMA/Sederajat)
  • Surat Keterangan Sehat dari dokter
  • CV
  • Surat keterangan dari perusahaan ditujukan ke Dirbinmas Baharkam Polri
  • SKEP Kepangkatan Terakhir (Bagi Purnawirawan TNI/Polri)
  • Pas foto 3×3 dan 3×4 (latar merah) tiga lembar.  

Baca Juga: Jasa Pengurusan PBG

Untuk memenuhi tugasnya, diperlukan anggota satpam yang berkompeten untuk menjalankan kewajibannya. Diperlukan pendidikan dan pelatihan satpam untuk dapat memenuhi tanggung jawab terhadap tugas dan bertindak lebih cepat dan efektif dalam kewenangannya sebagai pengamanan fisik di tempat kerja. Pendidikan dan Pelatihan satpam sebagai tenaga keamanan di lingkungan perusahaan akan menciptakan petugas satpam yang mempunyai kemampuan di bidang pekerjaannya dan akan menambah etos kerja serta meningkatkan tingkat intelegensinya, sehingga akan lebih cepat dan tanggap dalam mengantisipasi setiap gangguan serta permasalahan yang terjadi,

Untuk menjadi seorang satpam yang berintegritas, salah satu jasa yang bisa anda gunakan untuk pembuatan sertifikat security adalah Founders. Founders akan membantu anda mengurus sertifikat security, karena telah bekerja sama dengan banyak pusat pelatihan security.

Salah satu syarat wajib yang harus dimiliki satpam yakni Kartu Tanda Anggota (KTA) dan ijazah. Lalu berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk memiliki kedua dokumen pam swakarsa tersebut?

Biaya penerbitan KTA dan ijazah untuk profesi satpam sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Kepolisian Republik Indonesia. Dalam regulasi yang disahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut, biaya penerbitan KTA satpam masuk dalam penerimaan negara bukan pajak (PNBP) Polri ditetapkan sebesar Rp 75.000 per kartu. Sementara untuk PNBP penerbitan ijazah satpam ditetapkan pemerintah sebesar Rp 85.000 per penerbitan. Teranyar, satpam diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa. Pam Swakarsa didefinisikan mengemban fungsi kepolisian yang diadakan atas kemauan, kesadaran, dan kepentingan masyarakat sendiri yang kemudian memperoleh pengukuhan dari Polri.

Baca Juga: Jasa Pembuatan SIUP

Mengapa Perlu Sertifikat Security?

Sebenarnya mengambil sertifikasi sangat berguna, paling tidak ada beberapa hal yang bisa didapatkan dari mengambil program sertifikasi:

1.  Persyaratan administratif. Beberapa institusi telah menetapkan syarat kualifikasi personil tertentu sebagai salah satu persyaratan. Sebagai contoh Polri telah menetapkan bahwa pengelola BUJP harus memiliki sertifikasi Gada Utama. Ada juga beberapa perusahaan internasional yang telah menetapkan bahwa pelamar kerja di perusahaan mereka harus memegang sertifikasi ASIS CPP atau PSP (Physical Security Protection).

2.  Pengakuan akan kompetensi yang telah didapatkan. Dengan ujian yang harus dilalui, tentu seorang insan security yang sudah lulus akan diakui telah memiliki kompetensi minimal yang disyaratkan lewat ujian.

3.  Mendapatkan kompensasi yang lebih baik. Dengan mengikuti sertifikasi tentu diharapkan organisasi yang mempekerjakan insan tersebut akan menghargai kompetensi yang telah diakui oleh pihak ketiga. 

Founders hadir menyediakan jasa pembuatan sertifikat security. Bagi anda yang membutuhkan sertifikat security, segera hubungi Founders.

Share the Post:

Menu

Bisnis Besar Berasal Dari Bisnis Kecil