Apakah Anda berencana memulai bisnis atau membangun satu perusahaan? Maka Anda pasti ingin tahu tentang cara mendirikan perusahaan, prosedur serta syarat apa saja yang perlu dipenuhi. Apa itu perusahaan PT, atau CV, Anda mungkin bertanya? PT adalah singkatan dari Perseroan Terbatas, yaitu suatu perseroan terbatas yang modalnya terbagi atas saham-saham dan menjadi tanggung jawab para pemegang saham berdasarkan jumlah saham yang dimilikinya.
Untungnya, sejak awal tahun 2016, prosedur pendirian perusahaan PT terus disederhanakan, dan anda bisa memanfaatkan biro jasa pendirian perusahaan. Begini Cara Mendirikan Perusahaan PT di Indonesia!
Ukuran perusahaan PT lokal
Setelah memahami apa itu perusahaan PT, perlu anda ketahui juga bahwa mendirikan perusahaan PT di Indonesia memerlukan sejumlah biaya sebagai modal usaha anda. Besarannya bervariasi, namun biasanya mulai dari Rp50 juta hingga lebih dari Rp10 juta. Berdasarkan jumlah modal tersebut, perusahaan PT di Indonesia dikategorikan menjadi tiga ukuran: 1) Kecil : di atas Rp50 juta hingga Rp 500 juta; 2) Sedang: di atas Rp500 juta – 10 miliar; 3) Besar : di atas Rp10 miliar
Baca Juga : Jasa Pembuatan PT Tangerang
Hal-hal penting yang harus dipersiapkan
Ada beberapa hal penting yang perlu Anda persiapkan jika ingin mendirikan perusahaan PT di Indonesia. Pertama-tama, Anda perlu menetapkan kerangka Anggaran Dasar Perseroan Terbatas sebagai data utama. Anda juga perlu membuat akta pendirian kepada Notaris yang memuat:
- Nama perusahaan (siapkan minimal tiga pilihan nama)
- Data lengkap nama pendiri perusahaan
- Besarnya modal dasar perusahaan
- Tempat dan perusahaan kedudukan dan alamat lengkap
- Data Direksi dan Komisaris 6) Maksud dan tujuan perseroan
- Data pemegang saham dan jumlah modal ditempatkan dan disetor
- NPWP Direksi dan Komisaris
- Kartu identitas perusahaan pendiri
- Surat Kuasa jika pendirian perusahaan akan disahkan
Tata Cara Pendirian Perusahaan PT di Indonesia
Mendirikan suatu perseroan di Indonesia memerlukan beberapa tata cara yang harus diikuti, antara lain:
- Semua pendiri atau salah satu pendiri yang sah wajib mengajukan permohonan pendirian Perseroan Terbatas kepada Notaris dengan membawa kelengkapan anggaran dasar Perseroan. pendirian dan persyaratan yang disyaratkan dalam Akta Pendirian dan Perseroan Terbatas.
- Notaris akan membuat salinan berita acara perseroan terbatas yang sama dengan akta pendirian yang akan ditandatangani oleh para pendiri.
- Apabila terdapat kesalahan penulisan, pendiri atau kuasanya diperbolehkan melakukan koreksi.
- Setelah berita acara atau salinan anggaran dasar Perseroan ditandatangani dan diserahkan kepada Notaris, maka akan diterbitkan, ditandatangani, dan dicap oleh Notaris suatu Akta Otentik Akta Perseroan Terbatas.
- Sebagai bukti pendirian perseroan, akta pendirian harus mencantumkan hari, tanggal, bulan, dan tahun secara tertulis.
- Notaris akan menyerahkan Akta Pendirian yang memuat anggaran dasar suatu perseroan terbatas kepada Menteri untuk memperoleh pengesahan menjadi Badan Hukum.
- Setelah diterbitkannya Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Perseroan Terbatas memperoleh status sebagai Badan Hukum.
- Setelah Akta Pendirian dan Pengesahan Anggaran Dasar Perusahaan selesai, maka usaha Anda telah didirikan dalam bentuk Perseroan Terbatas (PT)
Jika anda mengalami kesulitan dalam mendirikan perusahaan, kini banyak biro jasa pendirian perusahaan yang menawarkan jasa pendirian perusahaan. Jasa pendirian izin perusahaan ini memungkinkan anda mendirikan perusahaan tanpa kesulitan dengan harga terjangkau dan proses yang mudah Diantara jasa pendirian perusahaan ini adalah Founders.
Baca Juga : Cara Melihat PT Yang Terdaftar
Berikut adalah beberapa langkah yang diperlukan untuk mendirikan PT dan lamanya waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan setiap langkahnya:
- Dapatkan izin prinsip & izin usaha — tujuh hari
- Akta Pendirian (berisi Anggaran Dasar), yang perlu disahkan oleh notaris, yang diajukan ke BKPM— satu sampai dua hari
- Pengesahan status badan hukum PT PMA harus diajukan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) — 10 hari
- Surat Domisili diperlukan dari otoritas distrik setempat — tiga hari
- Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Nomor Pokok Pengusaha Kena Pajak (PKP) dari kantor pajak setempat mungkin perlu diperoleh — tiga hari
- Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dari Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) —14 hari
- Laporan Ketenagakerjaan dan Laporan Kesejahteraan Perusahaan dari Sudin Kementerian Ketenagakerjaan — tujuh hari
Untuk membantu anda mengurus legalitas perusahaan anda, anda bisa mengunjungi situs Founders. Founders akan membantu anda dalam hal pengurusan izin legalitas perusahaan, mulai dari CV, PT hingga PT PMA. Segera hubungi Founders, dan mulailah bangun perusahaan dan bisnis anda.
Jika anda ingin melakukan pengurusan izin untuk pendirian PT, maka anda bisa menghubungi situs Founders. Founders merupakan sebuah situs perusahaan yang memberikan jasa pelayanan pengurusan izin PT.
Pengurusan izin pendirian PT melalui Founders, anda memiliki 3 pilihan paket pengurusan izin PT. paket pertama adalah basic. dengan harga Rp. 3.500.000, anda akan mendapatkan layanan yang sudah mencakup akta notaris, SK Kemenkumham, NIB perusahaan, NPWP Perusahaan serta mendapatkan jasa pembuatan rekening perusahaan.
Baca Juga : Jasa Pembuatan PT Jakarta
Paket kedua adalah paket Pro. Dengan harga Rp. 6.500.000 anda akan mendapatkan fasilitas basic ditambahkan dengan fasilitas berupa virtual office selama 1 tahun. Paket ketiga yang merupakan paket paling lengkap adalah paket expert. Dengan menggunakan layanan paket expert, anda akan mendapatkan seluruh fasilitas pada paket basic dan pro ditambah dengan pembuatan website perusahaan secara gratis.
Untuk mendapatkan info dan layanan biro jasa pendirian perusahaan lebih lanjut, anda bisa langsung mengunjungi website Founders dan dapatkan layanan pengurusan izin PT yang berkualitas, fitur lengkap dan harga kompetitif.