Mau Usaha Sendiri? Gunakan Jasa Pengurusan OSS

jasa pengurusan oss

Tahukah Anda bahwa separuh dari semua bisnis dimulai dari rumah? Anda dapat memiliki dan menjalankan semua jenis bisnis dari jarak jauh, mulai dari toko online yang Anda kelola sendiri hingga usaha skala besar dengan lokasi fisik dan tim karyawan.

Setiap bisnis yang sukses dimulai dari awal. Tidak peduli seberapa bersemangatnya Anda untuk memasarkan suatu produk, meluangkan waktu untuk menciptakan landasan yang kokoh sekarang akan membantu meningkatkan peluang bisnis Anda bertahan dalam jangka panjang.

Anda memiliki ide cemerlang ditambah semangat dan keterampilan untuk menjadikannya sukses. Namun proses untuk benar-benar memulai bisnis Anda bisa sangat melelahkan. Percayalah pada kami, Anda tidak sendirian. Anda bisa memanfaatkan jasa pengurusan OSS yang disediakan oleh Founders.

Bagaimana Memulai Bisnis?

Bisnis yang baik untuk dimulai biasanya adalah bisnis yang memenuhi kebutuhan konsumen yang belum terpenuhi. Pikirkan masalah sehari-hari yang belum terselesaikan atau cara untuk meningkatkan solusi yang ada dengan menjadikannya lebih cepat, lebih murah, atau lebih mudah digunakan. Sebaiknya, ide Anda adalah sesuatu yang Anda sukai atau memiliki tingkat keahlian tertentu.

Memilih kewirausahaan yang tepat untuk Anda juga bergantung pada situasi keuangan Anda. Beberapa bisnis, seperti jalan-jalan bersama anjing, memiliki biaya awal yang rendah, sementara bisnis lainnya, seperti restoran, mungkin memerlukan investasi besar. Dan jika Anda mencari skema cepat kaya, Anda mungkin akan kecewa. Kebanyakan usaha kecil membutuhkan banyak waktu dan usaha sebelum menghasilkan keuntungan.

Baca Juga: Jasa Pembuatan NIB Cepat dan Terpercaya

Menyiapkan Perizinan

Salah satu hal penting dalam memulai usaha dan bisnis adalah legalitas perizinan. Suatu usaha tidak akan berjalan dan berkembang apabila tidak memiliki legalitas hukum dan persyaratan administrasi yang diperlukan.

Meskipun banyak yang menganggapnya kurang penting dan bisa diurus belakangan, namun faktanya melengkapi perizinan sejak awal dapat melancarkan pengembangan usaha kita. Tak hanya itu, mengurus legalitas juga bisa menumbuhkan kepercayaan klien dan mitra bisnis.

Meskipun pada prakteknya ada beberapa badan usaha yang tidak wajib mempunyai Akta Pendirian Badan Usaha, namun saat ini akte adalah salah satu dokumen esensial sebab juga berfungsi sebagai identitas usaha yang kita jalankan. Selain itu, Akta Pendirian Badan Usaha juga penting untuk beberapa hal yang akan membantu anda mengembangkan usaha anda, meskipun hanya dalam skala UMKM. Beberapa hal penting dari akta pendirian UMKM adalah sebagai berikut:

1. Melegalkan Perusahaan di Mata Hukum

Jika anda memiliki usaha UMKM dan memiliki akta pendirian otomatis akan melegalkan kedudukan perusahaan kita di mata hukum. Misalnya terjadi perselisihan dalam menjalankan bisnis, maka akta tersebut bisa dijadikan pegangan mengenai proporsi pembagian keuntungan badan usaha kita.

2. Menjadi Dokumen Pendukung Dalam Mengurus Izin Lainnya

Jika usaha UMKM anda memiliki akta pendirian, maka hal itu  bisa memperlancar usaha anda yang sedang berjalan dalam mengurus izin-izin lain, seperti Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Tak hanya itu, kita juga bisa lebih mudah dalam mengurus beberapa izin untuk membantu pengembangan usaha.

Baca Juga: Jasa Pengurusan PBG

3. Memberi Kejelasan Status Kepemilikan yang Sah

Mengantongi Akta Pendirian Badan Usaha bisa membantu kita menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja, jika terjadi pembelian atau penjualan saham oleh mitra bisnis kita, maka akta ini akan berguna untuk memberikan kejelasan akan status kepemilikan yang sah. Sehingga perpindahan kepemilikan tidak bisa dilakukan tanpa persetujuan kita.

Pengurusan OSS

Salah satu kemudahan dalam mengurus usaha adalah dengan dibuatnya sistem OSS atau Online Single Submission. Dengan disahkannya PP 24 tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (PP OSS), menghasilkan banyak perubahan yang signifikan baik proses dan syarat untuk mendirikan perusahaan maupun untuk mendapatkan izin usaha.Sebelumnya pemerintah membetuk Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) untuk pengurusan izin-izin. Namum dirasa kurang maka pemerintah Indonesia melalui Kementerian Koordinator bidang Perekonomian meresmikan Online Single Submission (OSS) sebagai sistem yang mempermudah para pelaku bisnis dalam melakukan pengurusan perizinan usahanya. Hal ini disambut baik oleh kalangan professional dan pelaku usaha.

Apakah OSS itu? OSS adalah system Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission (OSS) merupakan Perizinan Berusaha yang diterbitkan Lembaga OSS untuk dan atas nama Menteri, pimpinan lembaga, Gubernur, atau Bupati/Walikota kepada pelaku bisnis melalui sistem elektronik yang terintegrasi. Saat ini, seluruh perizinan berusaha di berbagai sektor usaha harus diurus dan diterbitkan melalui OSS.

Jasa Pengurusan OSS

Untuk memudahkan pengurusan izin OSS untuk usaha anda, kini telah dimudahkan dengan hadirnya banyak perusahaan jasa pengurusan OSS. Salah satu yang bisa anda gunakan adalah Founders. Sebagai penyedia jasa pengurusan Izin, Founders akan membantu anda untuk melakukan pengurusan OSS bagi usaha anda.

Setelah mengetahui sekilas tentang OSS. Sekarang anda perlu tahu apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan jika menggunakan layanan perizinan OSS.

Baca Juga: Jasa Pembuatan SBU: Serahkan ke Founders

1.  Mendapatkan Perizinan Usaha : Sudah jelas layanan ini hadir untuk memberikan izin, usaha ya kan? Jadi, manfaat pertama yang bisa sobat nikmati adalah perizinan yang bisa sobat urus dengan mudah. Karena, layanan ini berbasis digital. Yang perlu sobat lakukan hanyalah membuat akun, mengisi data secara daring dan validasi data. Lebih mudah dan efisien sebenarnya.

2.  NIB : Nomor Induk Berusaha ini adalah tanda dimana usaha tersebut sudah terdaftar. Jadi, sebagai pemilik sebuah usaha sobat UKM tidak lagi was-was tentang adanya legalitas usaha. Jika sudah mengantongi NIB maka negara tentu mengakui usaha tersebut.

3.  Hemat Tenaga dan Waktu : Tidak perlu khawatir dimanapun Sobat UKM sedang berada saat ini. Bahkan di pelosok negeri sekalipun tetap bisa akses layanan perizinan ini kok. Karena tidak harus datang langsung ke kantor pusat maupun kantor cabang terdekat. Hanya butuh perangkat dan koneksi internet saja. Jadi, lebih cepat dan mudah.

4.  Pelaporan dan Solusi Masalah : Jika sobat tengah mengembangkan sebuah usaha. Maka, adanya masalah dalam usaha tersebut sudah bukan hal asing lagi. Layanan ini juga bisa menjadi sarana mendapatkan saran dan bisa melaporkan banyak masalah secara cepat.

5.  Pemantauan Online : Sobat UKM tidak perlu pusing lagi mengecek apakah izin usaha sudah terbit atau belum. Sebab, proses pembuatan izin bisa anda pantau melalui website ini. Tidak hanya itu, petugas juga responsif.

Jika anda membutuhkan jasa untuk pengurusan izin usaha, OSS maupun pengurusan izin lainnya, segera hubungi Founders.

Share the Post:

Related Posts